Yogyakarta, Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) Universitas Gadjah Mada bidang Informasi, Teknologi dan Komunikasi pada hari Kamis (11/5) menyelenggarakan pelatihan singkat bertema Good Design, Good Brand “Optimalisasi Bisnis Dengan Konsep Desain Berkelas”. Acara ini bertempat di Ruang Rajawali Wisma Kagama Universitas Gadjah Mada.
Pelatihan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh 60 orang peserta dari berbagai kalangan, diantaranya adalah mahasiswa sarjana UGM, pascasarjana UGM dan umum. Kegiatan ini merupakan salah satu program rutin bulanan yang dilaksanakan Departemen Informasi, Teknologi dan Komunikasi pada hari kamis di setiap awal bulan. Setelah bulan sebelumnya sukses melaksanakan pelatihan singkat cara berbisnis online berbasis sosial media, pada bulan ini tema yang diangkat adalah pelatihan singkat berbasis aplikasi Coreldraw. Setiap peserta diajarkan untuk dapat mengaplikasikan coreldraw sekaligus penerapannya dalam pembuatan logo bisnis, poster bisnis, spanduk bisnis dan lain-lain. Ketua Departemen Informasi, Teknologi dan Komunikasi, Ricco Survival Yubaidi, S.H., mengatakan bahwa perkembangan dunia bisnis saat ini didukung oleh kemajuan teknologi didalamnya, termasuk salah satunya kematangan dalam konsep desain. Dengan konsep desain yang matang, menarik dan mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat menyebabkan produk bisnis tersebut dapat mudah untuk diterima dan diingat. Selain itu, pelatihan ini diharapkan mampu menjawab tantangan lahirnya wirausahawan/smartpreneur muda dari kalangan mahasiswa UGM.
Narasumber pada pelatihan ini adalah Irfan Hanief, yaitu salah satu praktisi desain grafis yang sudah memiliki pengalaman panjang dan kontributor desain dalam Psychoengine, Manen Company maupun jejaring website lainnya. Pelatihan dimulai dengan pengelanan tools dan icon yang ada, kemudian aplikasi kedalam pembuatan logo maupun produk desain lainnya. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dengan dilakukannya proses tanya jawab selama pelaksanaan pelatihan.